IF dan SWITCH
Ok sebelum
mengkoding program. Programmer harus mengetahui tentang Struktur dasar
pemrograman yaitu struktur percabangan.
(mengambil contoh dari bahasa C)
IF dan SWITCH
pada Bahasa C digunakan
untuk membuat penyeleksian kondisi atau percabangan dalam program.
IF digunakan untuk menyeleksi sebuah kondisi
apakah bernilai benar atau salah, kemudian akan dijalankan jika kondisi terpenuhi.
SWITCH digunakan untuk menyeleksi nilai sebuah
variabel yang banyak dan terlalu komplek untuk diseleksi oleh IF. Penggunaan
SWITCH bertujuan meringkas penulisan kode program dan tentu meningkatkan
kecepatan dan ketepatan program dalam menyeleksi nilai sebuah variabel.
Sayangnya SWITCH ini hanya bisa menyeleksi nilai tidak bisa menyeleksi kondisi
seperti IF.
1. Logika IF
Logika
IF digunakan untuk menyeleksi sebuah kondisi bernilai benar atau salah. Jika
kondisi bernilai benar maka statemen setelah IF akan dijalankan dan jika
kondisi bernilai salah maka statemen setelah IF tidak dijalankan / dilewati.
Cara Penulisan Logika IF Pada Bahasa C
if (kondisi) {
kode
yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
}
Contoh Penggunaan Logika IF Pada Bahasa C
#include <stdio.h>
int main ()
{
int panjang = 20;
if(panjang > 10)
{
printf("Panjang lebih besar dari 10");
}
return 0 ;
}
2. Logika IF...ELSE
Pada
logika IF...ELSE ditambahkan sebuah statemen yang akan dijalankan jika kondisi
yang dicek bernilai salah. Jadi pada logika IF...ELSE disiapkan dua statemen perintah
untuk menangani percabangan sebuah kondisi saat bernilai benar dan saat
bernilai salah.
Cara Penulisan Logika IF...ELSE Pada Bahasa
C
if
(kondisi) {
kode
yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar;
} else
{
kode
yang akan dijalankan jika kondisi bernilai salah;
}
Contoh Penggunaan Logika IF...ELSE Pada
Bahasa C
#include <stdio.h>
int main ()
{
int panjang = 5;
if(panjang > 5)
{
printf("Panjang lebih besar dari
5");
}
else
{
printf("Panjang tidak lebih besar
dari 5");
}
return 0 ;
}
3. Logika IF...ELSE IF
Logika
IF...ELSE IF disebut juga IF Bertingkat digunakan untuk menangani beberapa
kondisi yang berbeda dalam satu rutin pengecekan. Pada logika IF...ELSE IF,
statemen pada masing-masing IF akan dijalankan hanya jika kondisi didalam
logika IF masing-masing bernilai benar. Pada akhir ELSE IF bisa ditambahkan
ELSE saja untuk menangani jika semua kondisi IF dan ELSE IF diatasnya bernilai
salah.
Cara Penulisan Logika IF...ELSE IF Pada
Bahasa C
if
(kondisi 1) {
kode
yang akan dijalankan jika kondisi 1 bernilai benar;
} else if
(kondisi 2) {
kode
yang akan dijalankan jika kondisi 2 bernilai benar;
} else
{
kode yang akan dijalankan jika kondisi 1 dan
kondisi 2 bernilai salah;
}
Contoh Penggunaan Logika IF...ELSE IF Pada
Bahasa C
#include <stdio.h>
int main ()
{
int panjang = 5;
if(panjang > 5)
{
printf("Panjang lebih besar dari
5");
}
else if(panjang < 5)
{
printf("Panjang lebih kecil dari
5");
}
else
{
printf("Panjang sama dengan
5");
}
return 0 ;
}
4. Logika SWITCH
SWITCH
digunakan ketika kita harus menyeleksi banyak kondisi. Sebetulnya bisa juga
digunakan IF ELSE IF namun akan banyak sekali ELSE IF nya dan berakibat pada
penulisan kode program yang ruwet.
Kelemahan dari SWITCH ini adalah SWITCH hanya bisa menyeleksi nilai dari sebuah variabel tidak bisa menyeleksi hasil dari operator kondisi seperti IF, misalnya kondisi lebih kecil atau lebih besar seperti contoh diatas.
Kelemahan dari SWITCH ini adalah SWITCH hanya bisa menyeleksi nilai dari sebuah variabel tidak bisa menyeleksi hasil dari operator kondisi seperti IF, misalnya kondisi lebih kecil atau lebih besar seperti contoh diatas.
Cara Penulisan Logika SWITCH Pada Bahasa C
switch (n) {
case
nilai1:
kode
yang akan dieksekusi jika n=nilai1;
break;
case
nilai2:
kode
yang akan dieksekusi jika n=nilai2;
break;
case
nilai3:
kode
yang akan dieksekusi jika n=nilai3;
break;
...
default:
kode
yang akan dieksekusi jika tidak ada yang sama dengan semua label;
}
Contoh Penggunaan Logika SWITCH Pada Bahasa
C
#include <stdio.h>
int main ()
{
int hari;
puts ("MASUKKAN ANGKA 1 SAMPAI 3
=");
scanf("%d",&hari);
puts ("ANDA MEMASUKKAN ANGKA =
");
switch (hari) {
case 1:
puts ("SATU");
break;
case 2:
puts ("DUA");
break;
case 3:
puts ("TIGA");
break;
default:
puts ("TIDAK DIANGGAP");
}
return 0;
}
Untuk lebih jelasnya berikut link download untuk semua
percobaan di atas
program bisa di download di sini
ok sekian untuk post ini di tunggu post selanjutnya ya dan juga jangan lupa belajar lagi :D
ConversionConversion EmoticonEmoticon