Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman

wah …. Ketemu (lagi)  :D  untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang Pengertian program dan bahasa pemrograman. Ok tanpa basa basi langsung aja simak :D

Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu disebut program.
Programer (pemrogram) adalah orang yang membuat program, dan aktifiktas membuat program disebut dengan pemrograman (programming atau coding). Sedangkan instruksi yang digunakan untuk menyusun program disebutbahasa permrograman.
Dalam bidang komputer terdapat berbagai jenis bahasa pemrograman, yang terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok bahasa tingkat-tinggi (high-level language) dan kelompok bahasa tingkat rendah (low-level language).
Bahasa Tingkat Tinggi adalah bahasa pemroraman yang berorientasi pada bahasa manusia, contoh: C, C++, Java, Pascal, Basic. python, php dan lain-lain.
Bahasa Tingkat Rendah adalah bahasa yang berorienatasi pada mesin. Contoh: Assembly
Komputer hanya dapat menjalankan instruksi dalam bentuk kombinasi bilangan biner, 0 dan 1, oleh karena itu agar instruksi manusia kepada sebuah mesin dengan menggunakan bahasa pemrograman dapat dipahami oleh sebuah komputer diperlukan sebuah penterjemah bahasa (translator)
Penterjemah Bahasa
Terdapat dua jenis penterjemah bahasa pemrograman yaitu:
  • Kompiler (Compiler)
  • Interpreter
Kompiler bekerja dengan cara menciptakan sebuah berkas baru dari berkas kode sumber. Berkas baru ini selanjutnya dapat dijalankan dalam komputer target secara langsung tidak memerlukan bantuan kompiler lagi. Contoh kompiler antara lain: C, C++, Pascal, C#, Fortran dan lainnya
Sedangkan interpreter bekerja dengan cara menterjemahkan setiap baris perintah atau sekelompok baris perintah yang dimasukkan oleh programer. Kode sumber tidak dapat dijalankan tanpa interpreter. Contoh Interpreter antaralain Python, php, Ruby dan lainnya.
Proses penterjemahan dari bahasa pemrograman menjadi instruksi mesin disebut proses kompilasi.
Luaran dari proses kompilasi adalah sebuah berkas yang berisi instruksi mesin (kode obyek, biasanya diberi ekstensi *.o singkatan dari Object), selanjutnya dilakukan proses linking yaitu proses penggabungan dengan obyek-obyek yang di-include dari pustaka/library dalam header dan pembuatan berkas baru dengan ekstensi *.exe agar dapat dijalankan secara langsung dalam komputer.
yah begitulah, semoga ilmu yang sedikit nan bermanfaat ini dapat membantu kita semua. smpai ketemu lagi di post berikutnya seeyou xD 
Previous
Next Post »