Mengeksekusi dan Menguji Program

Mengeksekusi dan Menguji Program


Cus lanjut baelajarnya kita akan belajar tentang eksekusi dan menguji program karena setelah pembuatan kode program diperlukan proses kompilasi, selanjutnya aplikasi dapat dijalankan untuk diuji kebenarannya.
Selama proses kompilasi ada beberapa kemungkinan kesalahan yang terjadi, terdapat dua jenis kesalahan yaitu:
1. Kesalahan Sintaksis 
2. Kesalahan Logika
3. Kesalahan runtime
Kesalahan SINTAKSIS disebabkan adanya kesalahan dalam menulis program sehingga TIDAK SESUAI dengan KAIDAH bahasa pemrograman yang digunakan. Contoh dalam bahasa C, kurang tanda TITIK-KOMA ( ;) di bagian akhir baris perintah. Kesalahan sintaksis terdeteksi pada saat melakukan proses kompilasi.
Kesalahan LOGIKA adalah kesalahan yang terjadi karena ada logika yang salah. Misalnya ketika menghitung luas lingkaran, salah memasukan angka 31,4 untuk menyatakan 'pi' yang benar adalah 3,14. Akibatnya hasil perhitungan menjadi SALAH. Kesalahan seperti ini kadang sulit terdeteksi, terutama bila program aplikasi sudah sangat komplek.
Kesalahan runtime atau kadang disebut kesalahan fatal, adalah jenis kesalahan yang disebabkan oleh suatu operasi/instruksi dalam program yang tidak dapat dijalankan oleh komputer karena keterbatasan sumberdaya. Sebagai contoh, kesalahan runtime yang paling sering terjadi adalah adanya proses aritmatika pembagian angka dengan sebuiah angka NOL (devided by zero). Jika komputer dipaksa melakukan operasi pembagian dengan bilangan NOL maka akan terjadi kesalahan runtime, dan komputer akan menampilkan berita kesalahan dan proses eksekusi program dihentikan.
Kesalahan dalam program secara umum disebut dengan BUG, dan proses pencaraian kesalahan dalam program komputer oleh seorang programer juga disebut dengan proses DEBUG. Software tool yang bagus biasanya dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan DEBUGING (mencari BUG dan membetulkan kodeprogram).
Dengan menggunakan fasilitas DEBUGING programer dapat mengeksekusi kode program baris demi baris sambil melakukan evaluasi terhadap data input dan outputnya.
wokey mungkin sedikit ilmu dulu untuk hari ini. besok-besok belajar belajar lagi. terlebih lagi dapat menuangkan ilmu kepada teman dan siapapun itu :D


Previous
Next Post »